Pemrograman Pascal

Bahasa pemrograman Pascal termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Struktur Program dalam Pascal terdiri dari 3 bagian, yaitu:

Kepala Program :

Sebuah program pascal diawali bagian kepala program. Penulisan kepala program diawali dengan kata tercadang (reserved word) PROGRAM, kemudian diikuti oleh nama program dan diakhiri tanda titik koma.

Bentuk umum: PROGRAM nama_program;

Contoh: PROGRAM menghitung_luas_lingkaran;

Aturan Pemberian Nama Program Pascal

  1. Harus dimulai dengan huruf alphabet (a..z atau A..Z).
  2. Selanjutnya dapat diikuti oleh angka (0..9), alphabet atau garis bawah.
  3. Tidak boleh memuat spasi, spasi dapat digantikan dengan garis bawah.
  4. Tidak boleh memuat operator hitung dan karakter-karakter khusus (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) – + = \ | [ ] { } : “ ; ‘ , >)
  5. tidak boleh memuat kata tercadang.
  6. panjang karakter yang dikenali adalah 32 karakter pertama.

Bagian Deklarasi :

Bagian deklarasi berfungsi sebagai tempat untuk mendeklarasikan/ mengenalkan nama-nama yang akan digunakan dalam bagian pernyataan. Terdiri dari 5 macam deklarasi, yaitu:

  1. Deklarasi Label

Pendeklarasian nama label untuk menandai suatu bagian pernyataan dalam program utama.

  1. Deklarasi Konstanta

Pendeklarasian nama konstanta sebagai penampung data yang bersifat konstan/ tetap.

  1. Deklarasi Tipe

Pendeklarasian nama tipe yang digunakan untuk membuat tipe data baru.

  1. Deklarasi Variabel

Pendeklarasian nama variabel sebagai penampung data yang bersifat dinamis/ dapat diubah-ubah.

  1. Deklarasi Subprogram

Pendeklarasian fungsi atau prosedur yang akan dipanggil pada program utama.

Dari 5 macam deklarasi, tidak perlu dideklarasikan semuanya dalam program. Hanya bagian yang dibutuhkan saja yang harus dideklarasikan.

Bagian Pernyataan

Bagian pernyataan merupakan program utama dalam pemrograman Pascal. Pada saat dilakukan ekseskusi program, komputer akan menjalankan bagian pernyataan ini. Program utama diawali dengan kata tercadang BEGIN dan diakhiri dengan kata tercadang END dan tanda titik.

Unit

Dalam bahasa pemrograman Pascal menyediakan suatu cara pemrograman modular dengan menggunakan Unit.. unit adalah suatu pustaka yang umumnya terdiri dari fungsi atau prosedur serta variabel yang dapat dikompilasi secara terpisah. Dalam program dituliskan dengan clausa USES diikuti dengan nama unit dan diakhiri tanda titik koma.

Contoh: USES CRT;

    1. Komentar

Dalam Pascal komentar ditulis dalam tanda kurung kurawal { }. Kita dapat menulis keterangan atau apa saja di dalam komentar. Komentar tidak akan dieksekusi oleh program. Tujuan penggunaa komentar adalah untuk dokumentasi dan memudahkan orang lain untuk memahami program yang telah kita buat

    1. Contoh kerangka program Pascal

PROGRAM contoh;

{———————————————————-}

{ contoh program dengan deklarasi yang lengkap }

{ ———————————————————-}

USES Crt;

LABEL

Selesai;

CONST

Phi = 3.14;

TYPE

BilanganNyata = Real;

VAR

Jari_jari : BilanganNyata;

PROCEDURE HitungLuas(Radius:BilangaNyata);

Begin

Writeln(‘Luas = ‘,0.5*Phi*Radius*Radius);

End;

{ Program Utama }

BEGIN

Clrscr;

Jari_jari:=10.5;

HitungLuas(Jari_jari);

GOTO Selesai;

Writeln(‘Lho, kok saya dilewati’);

Selesai:

Writeln(‘Selesai…..’);

END.

    1. Pernyataan dalam Pascal
  1. Pernyataan Penugasan (assigment)

Pernyataan penugasan digunakan dalam proses pemberian harga/ nilai pada suatu variabel dalam sebuah ungkapan, penulisannya menggunakan simbol :=

Contoh: x := 51;

Luas := p * l;

  1. Pernyataan Prosedur

Digunakan untuk mengaktifkan/ memanggil prosedur yang didefinisikan oleh pemrogram ataupun prosedur standart dari pascal sendiri. Penulisannya dengan cara menyebutkan nama prosedur dan diakhiri dengan tanda titik koma.

Contoh: Randomize;

HitungLuas;

Clrscr;

  1. Pernyataan Input/ Output
    1. Input

Digunakan dalam proses pembacaan data melalui peralatan masukan (keyboard, mouse, dsb) atau melalui pengisian data langsung pada suatu variabel di dalam program yang akan digunakan untuk proses selanjutnya.

Pernyataan input menggunakan perintah READ atau READLN.

    1. Output

Digunakan sebagai informasi keluaran yang merupakan hasil dari proses program. Pernyataan output menggunakan perintah WRITE atau WRITELN.

  1. Pernyataan Majemuk

Merupakan kumpulan dari beberapa pernyataan yang diawali dengan Begin dan diakhiri dengan End dan tanda titik koma.

    1. Tipe data

Sebuah program selalu berhubungan dengan data untuk diinputkan, diolah dan kemudian memberikan hasil yang diinginkan. Variabel dan konstanta merupakan penampung data di dalam program. Variabel bersifat dinamis sedangkan konstanta bersifat statis.

Setiap data yang disimpan di dalm variabel atau konstanta harus memiliki tipe data. Ada beberapa tipe data sederhana yang dapat digunakan dalam Pascal. Berikut adalah tipe data yang sering digunakan.

    1. Tipe bilangan bulat dapat dikelompokan menjadi:

Tipe: Ukuran memory: kawasan (range):

  • Byte 1 byte 0…255
  • Word 2 byte 0…65535
  • ShortInt 1 byte -128…127
  • Integer 2 byte -32768…32767
  • LongInt 4 byte -2147483638…2147483647
    1. Tipe bilangan pecahan (real)
    2. Tipe string yaitu data yang berisi nol atau beberapa karakter. Tipe

string diapit dengan tanda petik(‘….’).contoh:’nama’.

    1. Tipe Char yaitu untuk data yang berisi hanya sebuah karakter saja. Misalnya:’A’,’1’,’?’.
  1. Tipe Boolean adalah suatu data yang nilainya berupa false ( salah ) atau true ( benar )

Struktur Runtutan

Pada struktur runtutan/ berurutan setiap pernyataan akan dikerjakan satu per satu sesuai dengan urutan penulisan algoritma program. Setiap pernyataan dilaksanakan tepat satu kali dan tidak ada pernyataan yang diulang atau pernyataan yang tidak dilaksanakan. Akhir dari pernyataan terakhir merupakan akhir dari algoritma program tersebut.

Struktur Percabangan

Pada struktur percabangan memungkinkan suatu pernyataan untuk dieksekusi hanya jika suatu kondisi tertentu terpenuhi atau tidak terpenuhi. Struktur percabangan disebut juga dengan struktur pemilihan. Terdapat beberapa pernyataan yang akan dipilih berdasarkan suatu kondisi. Sehingga terdapat bagian pernyataan yang dilewati atau tidak dijalankan oleh program.

Terdapat dua macam instruksi struktur percabangan dalam pemrograman, yaitu IF dan Case

Struktur Perulangan

Struktur perulangan merupakan struktur algoritma yang akan melakukan suatu proses/ eksekusi yang berulang-ulang jika suatu kondisi terpenuhi atau tidak terpenuhi. Proses perulangan ini biasanya digunakan untuk:

    1. Mengulang proses pemasukan data
    2. Mengulang proses perhitungan
    3. Mengulang Proses penampilan hasil pengolahan data

Struktur perulangan terdiri dari:

  1. Inisialisasi

Aksi yang dilakukan sebelum pengulangan dilakukan pertama kali.

  1. Kondisi pengulangan

Ekspresi boolean yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan.

  1. Badan pengulangan

Satu atau lebih aksi/ pernyataan yang akan diulang.

  1. Terminasi

Aksi yang dilakukan setelah pengulangan selesai dilakukan.

Bentuk umum perulangan:

<Inisialisasi>

Awal perulangan

Badan perulangan

Akhir perulangan

<Terminasi>

Kondisi perulangan dapat berada pada awal perulangan atau akhir perulangan.

Bentuk instruksi pengulangan dan pemrograman terstruktur ada tiga macam, yaitu:

  1. For – Next
  2. While – Do
  3. Repeat – Until

Download Artikel :

1 Response so far »

  1. 1

    Gigih said,

    Ajarin pake Pascal dumz. . .😛


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: